Tag

,

imhalal ,ogoSebelum beciara tentang Imhalal ada baiknya kita ketahui dulu pengertian dari mesin pencari itu apa. menurut wikipedia, mesin pencari adalah alat yang dirancang untuk mencari informasi di World Wide Web. Hasil pencarian biasanya disajikan dalam sebuah daftar dan umumnya disebut hit. Informasi dapat terdiri dari halaman web, gambar, informasi dan jenis file lainnya.

Jadi bisa dikata mesin pencari merupakan sejata utama kita dalam mencari informasi di dunia maya. sedangkan internet sendiri seperti pasa rinformasi, semua bisa kita temukan di internet, termasuk konten-konten yang berbau haram.

ImHalal adalah mesin pencari islami pertama yang dirancang terutama bagi umat Islam di seluruh dunia. Apa bedanya dengan mesin pencari lain yang selama ini sudah dikenal banyak orang ?

Dibanding mesin lain yang bisa dibilang menampilkan semua konten tanpa terkecuali, maka ImHalal dengan sistem penyaringan-nya hanya menampilkan di hasil pencairan untuk konten bertanda Halal, termasuk bebas dari hal mesum.

Reza Sardeha sebagai pendiri ImHalal sudah berdiskusi dengan para ulama dalam menentukan haram tidaknya sebuah konten, dan hasilnya sudah memblokir semua konten sensual.

Pengguna internet masih bisa mengakses hasil pencarian yang termasuk haram pada level 1 dan 2. Tapi jangan harap bisa mengakses hasil pencarian internet yang masuk kategoro Haram level 3. “Oops! Your search inquiry has a Haram level of 3 out of 3! I would like to advise you to change your search terms and try again“.

imhahal

Namun, ImHalal.com ternyata belum seluruhnya halal. Situs mesin pencari ini rupanya masih juga kecolongan konten tak senonoh.

Ketika dicoba dengan mengetikkan kata-kata mesum yang populer, ‘sex’ dan ‘porn’, memang situs ini langsung cepat menolaknya. Kedua kata tersebut dikategorikan ImHalal sebagai kata ‘Haram’ level 3 atau yang paling tinggi tingkatannya.

ImHalal tak lupa menghimbau pengguna internet untuk mengubah pencariannya. “Oops! Your search inquiry has a Haram level of 3 out of 3! I would like to advise you to change your search terms and try again,” bunyi pesan di situs tersebut.

Bahkan untuk pencarian kata yang terbilang umum, seperti ‘girl’, ImHalal mencurigainya menyimpan konten tak senonoh dan mengkategorikannya di level haram 1. “Oops! Your search inquiry has a Haram level of 1 out of 3. This means that the results fetched by ImHalal.com could be haram!“.

Sayangnya, kedigdayaan ImHalal dalam menghalau konten vulgar kurang begitu canggih ketika digunakan dalam pencarian bahasa Indonesia. Hal ini terlihat saat penulis mencoba memasukkan kata ‘telanjang’  di situs tersebut, ada beberapa konten nakal yang menyusup. Memang sepertinya konten yang ditampilkan dalam pencarian tersebut juga sudah difilter. Hal itu terlihat dari maraknya foto-foto bayi telanjang yang ditampilkan ketimbang orang dewasa. Dan ketika penulis memasukan nama ‘Maria Ozawa’ di tab pencariannya, ada konten nakal yang menyusup ke dalam hasil pencarian Imhalal.

Imhalal, masih kesulitan dengan bahasa lokal dan nama orang. Perlu ada mekanisme pelaporan dari pengguna tentang hasil pencarian yang ternyata haram dan berhasil lolos dari filter Imhalal, seeprti di facebook dan image.google yang ada pola pelaporan “laporkan yang tidak patut” atau seperti di email dengan ‘tandai sebagai spam’ agar mesin pencari Imhalal bekerja lebih baik.

Pun demikian — meski baru versi beta — kinerja dan niat yang diusung dari pembuat situs ini harus diacungi jempol. Sebab, ImHalal hadir untuk menjawab stigma negatif di masyarakat dimana banyak yang menyebut konten-konten di internet itu tak bisa dikendalikan.

Mesin pencari ini hadir agar kaum Muslimin dan Muslimat bisa mengakses internet tanpa perlu khawatir adanya muatan informasi atau gambar yang terlarang menurut Syariah pada hasil pencariannya.

Selain itu, kelebihan mesin pencari Imhalal ketimbang Google dan Bing, walau di mode pencarian web (bukan mode pencari gambar atau image), ia selalu menyertakan gambar screenshot di indeks hasil pencarian. Oleh karenanya hasil penelusuran di mesin pencari ini lebih tervisualisasikan. wallahualam bis showab

imhalal search