Tag

,

Hai manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang perempuan dan menjadikan kamu berbangsa-bangsa dan bersuku-suku supaya kamu saling kenal mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia di antara kamu di sisi Allah ialah orang yang paling bertakwa di antara kamu.  Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. [QS. 49:13]

Ada banyak definisi yang menjelaskan tentang arti komunitas. Tetapi setidaknya definisi komunitas dapat didekati melalui; pertama, terbentuk dari sekelompok orang; kedua, saling berinteraksi secara sosial di antara anggota kelompok itu; ketiga, berdasarkan adanya kesamaan kebutuhan atau tujuan dalam diri mereka atau di antara anggota kelompok yang lain; keempat, adanya wilayah-wilayah individu yang terbuka untuk anggota kelompok yang lain.

Jadi secara sederhana komunitas muslim di dunia maya itu bisa diseimpulkan sebagai kumpulan sekelompok orang yang saling berinteraksi dan mempunyai kesamaan dan kebutuhan tentang keIslaman lewat fasilitas internet.

Dan sangat mudah mengidentifikasikan sebuah  kelompok di bandingkan dengan mengidentifikasi individu. Lewat komunitas juga sebuah kerja besar dapat diselesaikan dengan lebih ringan.

Fasilitas yang dapat digunakan untuk membuat komunitas Muslim:

Sebenarnya ada banyak fasilitas di internet yang dapat digunakan untuk membuat sebuah komunitas alias grup. Mulai dari yang gratisan tinggal pakai sampai membuat sendiri (ehm, Ditunggu  nih kalau ada yang bisa membuat seperti FB tapi Islami), mulai dari milis, FB, twitter, web, blog (contoh: Indonesian Muslim Blogger), atau Muxlim (Mirip FB tapi bersifat Islami), dll.

muxlim

Peran yang dapat diambil oleh komunitas Muslim di dunia maya:

Sungguh ada peran yang dapat kita ambil di dunia ini, bukan ada tapi banyak peran yang bisa kita ambil dan lakukan. Begitu juga dengan komunitas Islam di dunia maya, walaupun tak tampak nyata namun berbagai peran strategis dapat dilakukannya.

Adapun peran yang bisa diambil oleh komunitas Muslim di dunia maya adalah sebagai berikut:

  1. Pendidikan. Komunitas Muslim bisa menjadikan internet sebagai media pendidikan ummat. Di mana anggota komunitas bisa berbagai ilmu dan pengetahuan yang dimilikinya kepada sesama anggota komunitas. Pola ini juga memungkinkan terjadinya timbal balik  antar sesama anggota komunitas. Lewat peran ini, komunitas Muslim di dunia maya bisa juga ikut serta dalam mencerdaskan sesama manusia.
  2. Media Informasi. Tak dapat dipungkiri, kini internet telah menjadi sumber mencari informasi. Peran strategis ini dapat diambil oleh komunitas Muslim dengan memberikan informasi yang sahih dan akurat tentang sebuah berita. Ingat, kebanyakan media massa dikuasi oleh pihak-pihak yang tak menyukai Islam, maka menjadi penyeimbang dan penyedia informasi yang benar tentang Islam adalah sebuah langkah yang sangat baik.imb
  3. Pembentukan opini. Peran ini untuk membentuk opini masyarakat tentang Islam dan ajarannya. Juga sebagai counter opini yang medeskriditkan Islam dari pihak yang membenci Islam, seperti berita-berita tak bertanggung jawab tentang teroris yang dikaitkan dengan ajaran Islam.
  4. Media perlawanan terhadap pihak-pihak yang mendeksreditkan Islam. Apa yang terjadi dalam kasus Bibit-Chandra memberikan kita sebuah inspirasi bahwa sebuah perlawanan bisa juga dilakukan lewat dunia maya dengan menggalang aksi dukungan. Jika dukungan untuk Bibit-Chandra yang bersifat moral saja mampu menembus angka jutaan, maka bagaimana dengan aksi dukungan yang bisa kita lakukan ketika Islam dihina?

wallahualam bis showab

Iklan