Tag

Ahmad-Yunus

Gempabumi kembali melanda Indonesia tidak tanggung-tanggung dua gempabumi dengan kekuatas dahsyat meluluhlantakkan dua wilayah di negeri kita. sebagai orang yang perna mengikuti sosialisasi pemahaman bencana gempabumi dan tsunami tingkat provinsi Banten dan Lampung yang diadakan oleh DSDM pada tahun 2005, membuat saya ingin membagi tips-tips berikut ini:
Selain kaya akan alamnya, negeri kita tercinta ini juga kaya akan bencana geologis, salah satunya adalah gempa bumi.
Gempabumi juga bisa mengakibatkan gelombang tsunami lho. Tapi tenang sobat, tidak semua gempabumi mengakibatkan tsunami. Tsunami terjadi jika gempa dengan hiposentrum dangkal kurang dari 33 KM, magnitude berkisar 6 hingga 9 skala richter dan intensitas gempa antara VII hingga IX skala MMI, dan jenis mekanisme adalah patahan naik.
By the way sobat, Kurang lebih 10 % kejadian gempabumi di dunia terjadi di Indonesia , sehingga negeri ini termasuk wilayah rawan gempabumi. Trusssss gimana dong?
Tindakan yang harus dilakukan ketika gempabumi terjadi;
Di rumah
Amankan dari kamu dan keluarga dari bahaya tertimpa benda. Lindungi kepala dengan bantal atau berlindunglah di bawah meja, jangan panic, matikan kompor, dan cepat kelaur rumah.
Di luar rumah
Lindungi kepala kamu, hindari objek berbahaya. Akibat gempabumi, dinding tembok yang hancur bis membentur kepala kamu. Untuk itu segera hindari daerah sekitar gedung.
Di mall dan bioskop
Jika kamu berada di mall atawa bioskop, ikuti petunjuk petugas, karena listrik biasanya mati dan menimbulkan kepanikan.
Di dalam lift dan elevator
Jika kamu kebetulan terjebak dalam lift, tetap tenang, tekan semua tombol, jika pintu terbuka segera keluar.
Di kendaraan
Segera menepi dan hentikan kendaraan. Berhenti, hindari perempatan, ikuti petunjuk petugas di jalan dan informasi dari radio.
Di kereta api
Jangan panic, amankan diri kamu. Pegangan yang kuat pada tiang – tiang yang terdapat di dalam kereta api da segera kelaur pada waktu kereta berhenti.
Di gunung atau di laut
Hindari bahaya tanah longsor dan tsunami. Di daerah pantai dapat terjadi bahaya tsunami.
Tindakan pasca gempabumi;
Pertolongan pertama
Segera beri pertolongan pertama pada orang yang terluka di dekat kamu.
Evakuasi
Berjalan kaki ke tempat penampungan. Bawalah barang sedikit mungkin, makanan dan obat – obatan.
Ikuti petunjuk
Jangan mengikuti kabar burung, ikuti petunjuk di radio atau dari institusi penanggulangan bencana.Buat kamu yang tertimpa bencana gempabumi semoga Allah memberikan kesabaran yang berlebih untuk tetap bisa bersabar menghadapi bencana. Dan buat kamu yang masih Allah berikan karunia untuk tidak tertimpa bencana, mari membantu meringankan beban saudara kita dengan apa yang bisa kita lakukan, bisa dengan berdo’a, membuat acara amal untuk korban bencana, ngumpulin baju dan buku layak pakai atau sesuatu yang bisa kamu persembahkan. Ok.
Sumber bacaan: gempabumi dan tsunami. 2005. DESDM