Tag

, , ,

Ahmad-Yunus

Alamat: bse.depdiknas.go.id

Buku merupakan salah satu sarana penting dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan. Salah satu permasalahan perbukuan dalam era otonomi daerah dewasa ini adalah ketersediaan buku yang memenuhi standar nasional pendidikan dengan harga murah yang dapat dijangkau oleh masyarakat luas. Untuk mengatasi hal tersebut, Departemen Pendidikan Nasional telah membeli hak cipta buku teks pelajaran dari penulis/penerbit. Selanjutnya buku-buku tersebut disajikan dalam bentuk buku elektronik(e-book).

Buku-buku teks pelajaran tersebut tersedia di situs Depdiknas yang diberi nama Situs Buku Sekolah Elektronik yang disingkat BSE atau e-Book. Jumlah seluruhnya saat ini (2008) ada empat ratus tujuh (407) judul buku dan Insya Allah setiap tahunnya akan bertambah.

Buku-buku teks pelajaran ini telah dinilai kelayakan pakainya oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP) dan telah ditetapkan sebagai Buku Teks pelajaran yang memenuhi syarat kelayakan untuk digunakan dalam pembelajaran melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 46 Tahun 2007, Permendiknas Nomor 12 Tahun 2008, Permendiknas Nomor 34 Tahun 2008, dan Permendiknas Nomor 41 Tahun 2008.

Web ini mem-fasilitasi anda untuk dapat melakukan akses terhadap berbagai koleksi Buku Sekolah Elektronik (BSE) Depdiknas.
Web ini dilengkapi dengan sejumlah fitur sebagai berikut:
>> Baca buku secara on-line


>> Download Buku
>> Pencarian buku
Berdasarkan tingkat sekolah
Berdasarkan subjek mata pelajaran
Berdasarkan judul buku
Kata Kunci Pencarian
>> Berita/informasi mengenai BSE
>> Pengisian saran pengembangan BSE
>> Bantuan (petunjuk penggunaan BSE)

Untuk dapat menggunakan sejumlah fitur layanan tersebut, anda harus terdaftar sebagai anggota, bila belum terdaftar anda dapat melakukan registrasi terlebih dahulu dengan mengklik Pendaftaran. Setelah itu anda dapat memilih Login yang tersedia, dan Logout atau mematikan browser Anda jika ingin keluar.

Berikut adalah petunjuk penggunaan web Buku Sekolah Elektronik (berdasarkan menu-menu yang ada):

1. Download Buku
Menu ini memfasilitasi anda untuk dapat membaca secara on-line dan melakukan download terhadap berbagai koleksi Buku Sekolah Elektronik (BSE).
Koleksi BSE dibedakan berdasarkan tingkat sekolah: (anda dapat langsung klik untuk mengakses)
>> buku SD
>> buku SMP
>> buku SMA
>> buku SMK

2. Berita
Menu ini berisi berita mengenai Buku Sekolah Elektronik (BSE) yang meliputi sejumlah hal:
>> kebijakan
>> koleksi buku
>> penulis & penerbit
>> web aplikasi
>> web server
>> pemanfaatan BSE
>> distribusi BSE

3. Pencarian Buku
Menu ini memfasilitasi anda untuk melakukan pencarian Buku Sekolah Elektronik (BSE) secara spesifik. Pencarian ini dapat anda lakukan dengan mengisi sejumlah data sebagai berikut:
>> tingkat
Anda dapat memilih dengan melakukan klik (V) dan selanjutnya memilih tingkat sekolah yang sesuai.
>> kelas
Anda dapat memilih dengan melakukan klik (V) dan selanjutnya memilih kelas yang sesuai.
>> sekolah
Anda dapat memilih dengan melakukan klik (V) dan selanjutnya memilih mata pelajaran yang sesuai.
>> kata kunci
Anda dapat mengisikan (mengetikkan) suatu kata kunci yang berhubungan dengan buku yang anda cari. Kata kunci ini dapat berupa:
* tingkat sekolah
* kelas
* mata pelajaran
Setelah anda mengisikan sejumlah data tersebut, anda dapat mulai melakukan pencarian dengan melakukan klik pada tombol ’cari’ dan selanjutnya menunggu sampai web menampilkan hasil buku yang anda cari.

Dan tak kalah penting juga adalah situs ini menyediakan peranti lunak penbaca buku sekolah elektronik, jadi bagi kamu yang belum punya perangkat lunaknya bisa sekalian mengunduhnya di situs ini. Tapi BSE ini disusun perbab, jadi mengunduhnya pun perbab bukan satu buku sekali unduh.