Tag

,

Ahmad-Yunus

Dahi Atik mengkerut bak obat nyamuk bakar.  Ia bingung abis, soalnya ia susah banget inget sama pelajaran yang sudah diberikan. Padahal baru tadi loh diterangin sama guru di depan kelas. Apalagi kalo dapet materi baru, kerut Atik makin jadi gak karuan.

Pernah dihinggapi kejadian di atas. Kalo belajar kok mentok melulu. Jangankan inget, bawaannya lupa melulu? Kalo sudah ada gejala seperti itu, pasti ada yang salah dengan cara belajarnya.

Ketika menghadapi pelajaran baru, pertanyaan sebenarnya bukan apakah kita dapat menguasainya dengan sukses, melainkan apakah kita memiliki komitmen untuk memanfaatkan waktu dan memaksimalkan usaha yang dibutuhkan untuk menguasainya.

Sebelum beranjak jauh ke tips, ada baiknya kita tengok lebih dulu kenapa sih kita bisa mengingat sesuatu sekaligus melupakannya;

Kita mengingat …

  • Informasi yang membantu kita tetap hidup
  • Sesuatu yang menarik minat kita
  • Sesuatu yang berarti bagi diri kita
  • Sesuatu yang kita latih
  • Sesuatu yang kita hubungkan pada pembelajaran terdahulu.

Kita melupakan…

  • Sesuatu yang tidak berarti bagi diri kita
  • Sesuatu yang tidak melibatkan kita
  • Sesuatu yang tidak kita latih, ulangi, atau gunakan
  • Sesuatu yang terlalu menyakitkan untuk diingat
  • Jika stress yang berkepanjangan menganggu fungsi otak

Sudah tahukan, alasan kenapa bisa inget sama bisa lupa. Oke deh kawan, langung aja sember tips sederhana berikut ini:

  • Inget sebelum memulai segala aktivitas, jangan lupa berdo’a lebih dulu.
  • Buatlah komitmen yang realitis dalam belajar; ciptakan jadwal untuk diri kamu dan ikuti jadwal tersebut hingga menjadi sebuah kebiasaan.
  • Bagi waktu pembelajaran menjadi unit – unit waktu belajar pendek yang diikuti dengan waktu pengendapan disetiap akhir sesi pembelajaran; hindari mempempelajari semua materi dalam satu malam ( system kebut semalam ). kamu akan lebih baik dan lebih bamyak belajar dalam tempo 15 menit yang penuh konsentrasi dari pada sesi satu jam yang penuh banget sama gangguan.
  • Inget kawan, sebuah objek atau informasi yang diperhatikan secara benar akan selalu tertanam dalam ingatan, sementara objek yang tidak diperhatikan dengan benar, Cuma diintep sebelah mata apalagi sambil tidur akan berlalu tanpa jejak.
  • Jika kamu mempelajari hal baru, lakukan survai tentang topik yang kamu pelajari terlebih dahulu. Jadi, kamu bisa melihat bagaimana tiap bagian membentuk sebuah kesatuan.
  • Tandai poin – poin penting dan buatlah peta pikiran tentang hal – hal yang penting.
  • Jika kamu membuat catatan pelajaran, tulis catatan tersebut dengan kata – kata kamu sendiri. Dengan cara ini, kamu menentukan keberhasilan kamu sendiri dalam memahami konsep tersebut.
  • Pelankan ritme apabila kamu ketemu sama materi yang sulit, tapi jangan menyerah. Malah sebaliknya, kamu harus membacanya kembali, melanjutkan belajar, dan kembali lagi beberapa saat setelahnya untuk melihat apakah kamu sudah lebih bisa memahaminya.

NB: tulisan ini sekedar tips, kesuksesan dalam belajar sebernarnya ada pada diri anda.