Malam Minggu tanggal 13 Maret 2010 kemarin, saya ditegur oleh seorang Kepala SMK di Tangerang. Kepala SMK itu bilang, “kok nulis tentang situs yang menampilkan kuliah di negeri orang, memangnya yang dari Indonesia enggak ada?”

Saya terdiam sejenak, mengingat-ingat ada enggak yah tanyangan tentang pendidikan Indonesia di internet. Ternyata saya teringat pada TV edukasi buatan Pustekkom Depdiknas. Kemudian saya jawab, “Ada, TV edukasi. Nanti saya angkat dalam blog saya.”

Nah kawan, tulisan ini akan membahas tentang TV Edukasi.

Oke kawan, sebelum beranjak lebih jauh, ada baiknya kita simak data dari Google Trends berikut ini:

Berdasarkan data di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa tren pencarian tentang TV education, dari peringkat pencarian be

rdasarkan wilayah Indonesia berada diperingkat kemepat, sedangkan untuk pencarian dengan menggunakan bahasa Indonesia menempati urutan pertama mengalahkan bahasa Inggris, Perancis, dan Arab.

Situs: http://tve.depdiknas.go.id/

Sebagai media pendidikan, televisi mempunyai berbagai kelebihan, yang bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan kualitas pembelajaran. kelebihan Film sebagai media pendidikan menurut Basyiruddin Usman dalam bukunya, Media Pendidikan (2002: 95-96) adalahsebagai berikut:

  1. Film dapat menggambarkan suatu proses, misalnya proses metabolisme tubuh.
  2. dapat menimbulkan kesan ruang dan waktu
  3. pengambarannya bersifat 3 dimensional
  4. suara yang dihasilkan dapat menimbulkan realita pada gambar dalam bentuk ekspresi murni
  5. dapat menyampaikan suara seseorang ahli sekaligus melihat penampilannya
  6. kalau film tersebut berwarna, akan dapat menambah realita objek yang diperagakan
  7. dapat menggambarkan teori sain dan animasi.

Proses pembelajaran di sekolah akan sangat terbantu dengan digunakannya media televisi, dan ini jelas akan sangat menguntungkan tidak hanya bagi siswa saja tetapi juga akan sangat menguntungkan bagi para guru. Dengan demikian maka diharapkan penggunaan media televisi untuk pendidikan selain akan mampu memperluas kesempatan mendapatkan pendidikan, juga akan mampu menunjang upaya peningkatan kualitas pendidikan.

Tujuan dari TVE adalah memberikan layanan siaran pendidikan berkualitas untuk menunjang tujuan pendidikan nasional. Sasaran TVE adalah Peserta didik dari semua jalur, jenjang, dan jenis pendidikan, praktisi pendidikan, dan masyarakat.

Materi siaran

Hingga tahun 2007, TVE telah memiliki materi siar sebanyak 5.163program, yang meliputi program pendidikan Persekolahan (formal) yang berbasis Kurikulum dan program pendidikan luar sekolah (Informal dan Non formal), seperti: Kejar Paket, Kursus, PAUD, Budaya, Keterampilan, Agama, Kesehatan, Budi Pekerti, Pertanian, Peternakan, dll., serta informasi kebijakan Depdiknas.

Komposisi Program

Program pembelajaran merupakan program yang dominan di Televisi Edukasi. Program tersebut dikembangkan sesuai dengan kurikulum yang berlaku, meliputi berbagai mata pelajaran seperti bahasa Indonesia, bahasa Inggris, Matematika, Sains, Sejarah, Ekonomi, untuk jenjang SD, SMP, SMA dan SMK.

Khusus untuk jenjang SMP sejak tanggal 17 Juli 2006, materi siaran pembelajaran diarahkan pada 3 (tiga) mata pelajaran yaitu Bahasa Indonesia, Bahasa Inggris dan Matematika. Hal ini dilakukan agar siswa dapat lebih memahami materi yang diujikan dalam Ujian Nasional (UN). Format program pembelajaran untuk UN SMP ini juga di relay oleh TVRI.

Program Siaran

Kampung Edukasi: Program ini menampilkan kehidupan sehari-hari Agas, Kimbo, Kinci, Doko, Domdom, dan teman-teman mereka. Mereka sering membuat ulah tetapi mereka sadar ulah-ulah mereka mengganggu orang lain. Untung ada paman baik hati yang menyadarkan mereka. Program ini sangat menarik untuk anak usia 3-6 tahun dan ditampilkan dengan teknik animasi.

Siaran Pendidikan Interaktif: Program berdurasi 60 menit ini memberikan kesempatan kepada siswa SMP/MTs untuk bertanya berbagai kesulitan dalam memahami materi pelajaran, baik yang telah diberikan di sekolah maupun yang telah disiarkan TVE. Selain disiarkan TVE program ini juga direlay oleh TVRI. Program ini bertujuan untuk membantu siswa dalam menghadapi Ujian Semester maupun Ujian Nasional, meliputi materi pelajaran Matematika, Bahasa Inggris dan Bahasa Indonesia dan Sains.

Hobby: Program ini menyajikan hobby-hobby positif yang dapat dicontoh dalam kehidupan sehari-hari. Hobby yang ditampilkan antara lain motorcross, melukis, mematung, bela diri dan lain-lain. Informasi mengenai berbagai hobby yang ditampilkan dalam program ini dapat merangsang siswa-siswi berfikir lebih kreatif dan memberikan alternatif untuk dapat melakukan kegiatan yang positif.

Di situs ini anda juga dapat mengetahui jadwal siaran dan mitra-mitra dari TV Edukasi.

Ketemu di Youtube

Saya telah mencari-cari video dalam situs TV Edukasi tapi tak ketemu satu pun, akhirnya cari-cari lagi dan ketemu di Youtube. Untuk pencarian di youtube kata kunci yang bisa anda gunakan adalah TV Edukasi.

Berikut ini tampilan video TV Edukasi di Youtube: