Tag

, ,

Alamat: garuda.dikti.go.id

Portal ini terhitung baru diluncurkan. Garba Rujukan Digital (Garuda), sebuah portal rujukan ilmiah nasional secara resmi diluncurkan di Hotel Millenium, Jakarta, pada Selasa (15/12).

Di dalam portal ini tersedia e-jurnal domestik dan karya-karya ilmiah seperti laporan penelitian, tugas akhir mahasiswa (skripsi, tesis, dan disertasi), patent, prosiding, Standar Nasional Indonesia (SNI), Pidato pengukuhan guru besar para akademisi dan peneliti.

Portal dibangun atas kerjasama antara Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi dan Pusat Dokumentasi dan Informasi Ilmiah (PDII-LIPI) dan berbagai perguruan tinggi dalam hal penyediaan konten, namun sampai akhir Februari 2010 baru ada 15 perguruan tinggi yang bergabung menjadi kontributor.

Garuda bertekad ingin menjadi acuan pertama dan utama untuk akses informasi ilmiah nasional. Diharapkan terjadi kolaborasi penelitian, terwujudnya penelitian bertaraf internasional dan segala plagiarisme, duplikasi penelitian bisa dihilangkan. Semoga saja demikian.

Uji Coba

Tampilan portal garuda didesai seperti Google, hal ini tentu akan mempermudah pengguna karena seperti sedang menggunkan Google saja, yang membedakan hanya adanya tampilan metadata.

Namun, setelah penulis coba buka beberapa dokumen. Ternyata apa yang dipikirkan oleh penulis menjadi kenyataan, yaitu walaupun portal ini telah berhasil menghimpun informasi dan dokumen ilmiah dari berbagai lembaga di Indonesia, namun pengguna yang mengggunakan portal ini akan terbentur dengan kebijakan masing-masing lembaga yang menjadi kontributor. Ada lembaga yang open akses dan pengguna bisa masuk serta mengunduh dokumen tanpa harus login terlebih dahulu seperti Dokumen dari Universitas Indonesia dan Petra, namun ada juga lembaga yang meminta login terlebih dahulu, yang lebih parah adalah ada yang keanggotaannya hanya berlaku untuk sivitas akademikanya saja dan ada juga yang dilindungi proxi.

Portal ini juga memberikan petunjuk penggunaan, unduh di sini