Tag

, , , , ,

Ujian Nasional telah usai dan hasilnya pun telah diumumkan. Bagi kamu-kamu yang dinyatakan telah lulus dan akan berencana untuk melanjutkan pendidikan di jenjang selanjutnya, yaitu kuliah.

Tantu bagi untuk memilih tempat kuliah idaman ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum akhirnya kamu benar-benar jadi kuliah di perguruan tinggi tersebut.

Berikut ini adalah tips sederhana untuk memilih perguruan tinggi:

1. Minat. Apa sih minat kamu yang sebenarnya? Pilihlah jurusan yang suai dengan minat kamu, agar kamu enjoy dan tidak terbebani saat kuliah.

2. Biaya. Ini soal sensitive tapi penting untuk diperhatikan. Kuliahlah di tempat yang tepat dan sesuai dengan kemampuan finasial yang dimiliki.

3. Prospek masa depan. Pilihlah jurusan dan perguruan tinggi yang benar-benar memberikan prosepek masa depan yang cerah.

4. Reputasi Kampus. Perhatikanlah reputasi kampus baik dari segi akademiknya maupun dari segi kemahasiswaannya. Akan sangat repot berkuliah di kampus yang sering rusuh apalagi numpang.

5. Akreditasi Program Studi. Perhatikan akreditasi tempat kuliah, ini penting karena berkaitan dengan mutu pendidikan dan prospek masa depan.

6. Fasilitas Pendidikan. Perhatikan juga fasilitas yang dimiliki oleh perguruan tinggi yang mau kamu masuki, ini agar ada jaminan bahwa selama kamu belajar benar-benar menadapatkan perkuliahan yang bermutu dengan didukung failitas yang lengkap. Janagn sampai untuk praktek harus minjem lab kampus lain.

7. Link ke dunia kerja. Perhatikan juga apakah perguruan tinggi memiliki link ke dunia ekrja dan menagdakan acara-acara job fair untuk lulusannya.

Semoga bermanfaat