Tag

,

Industri kreatif dalam beberapa tahun terakhir ini menjadi isu yang menarik untuk diperbincangkan. Definisi idustri kratif sendiri menurut Departemen Perdagangan pada studi pemetaan industri kreatif tahun 2007 adalah:

Industri yang berasal dari pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat individu untuk menciptakan kesejahteraan serta lapangan pekerjaan melalui penciptaan dan pemanfaatan daya kreasi dan daya cipta individu tersebut.”

Dengan kata lain, industri kreatif adalah industri yang unsur utamanya adalah kreativitas, keahlian dan talenta yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan melalui penawaran kreasi intelektual. Industri kreatif terdiri dari penyediaan produk kreatif langsung kepada pelanggan dan pendukung penciptaan nilai kreatif pada sektor lain yang secara tidak langsung berhubungan dengan pelanggan. Di samping itu, produk kreatif mempunyai ciri-ciri: siklus hidup yang singkat, risiko tinggi, margin yang tinggi keanekaragaman tinggi, persaingan tinggi, dan mudah ditiru.

Pemerintah telah meindentifikasi lingkup industri kreatif mencakup 14 subsektor, antara lain, arsitektur, periklanan, barang seni (lukisan, patung), kerajinan, disain, mode/fesyen, musik, permainan interaktif, seni pertunjukan, penerbitan-percetakan, layanan komputer dan piranti lunak (software), radio dan televisi, riset dan pengembangan, serta film-video-fotografi.

Peluang industri kreatif baik di dalam negeri maupun di luar negeri sangatlah besar. Pangsa pasar yang dijanjikan untuk industri kreatif ini masih terbuka sangat lebar, dan akan memiliki kecenderungan meningkat

Dukungan Teknologi Informasi dan Komunikasi

Internet sebagai salah satu bentuk dari teknologi informasi dan komunikasi menurut Riyeke Ustadiyanto, pemilik merketbiz.net, adalah jalur bebas hambatan bagi usaha kecil dan menengah termasuk industri kreatif Indonesia.

Hal ini dibuktikan oleh Pipin Girsang, seorang pengusaha furnitur asal Jepara yang menungkin saja namanya nyaris tak pernah terdengar, tapi justru lebih diakrabi staf pembelian dari perusahaan Whiskey Crown Royal. Bahkan, kontak terbaru pengusaha furniture ini datang dari Apple yang meminta dibuatkan casing untuk iPhone 3G. Adalan Pipin adalah laman perusahaannya yang beralamat di gabeart.com

Lain lagi dengan Diana Rikasari yang menjadikan blog sebagai media industri kreatifnya. Diana terkenal sebagai fashion blogger yang menjadikan blog sebagai media berekspresi dan berkreasi yang ternyata membuatnya terkenal dan banyak meraih penghargaan.

Insentif Pemerintah di bidang teknologi informasi dan komunikasi untuk pelaku Industri Kreatif

Selain membuat buku pemetaan industri kratif, mungkin ada pertanyaan apa yang sudah dilakukan oleh pemerintah terakit dukungan di bidang teknologi informasi dan komunikasi? Seperti biasanya, saya akan membahas beberapa situs pemerintah yang telah disediakan untuk menunjang industri kreatif. Karena menurut saya, sangat disayangkan bisa fisilitas yang sudah disediakan tidak dimanfaatkan secara optimal.

Pemerintah juga ikut merespon perkembangan industri kreatif sebagai bagian dari UMKM dengan membuatkan portal Pusat Inovasi UMKM dengan alamat portal.pi-umkm.net. Portal ini menjadi tempat berbagi informasi dan pengetahuan tentang inovasi-inovasi terbaru sebagai simpul, hub atau gateway dari jaringan kemitraan yang memberikan jasa pelayanan terpadu untuk menumbuhkembangkan UMKM yang inovatif. Sasaran dan tujuan PI UMKM ini adalah:

Mengembangkan unit usaha baru berbasis teknologi inovatif dan meningkatkan penguasaan teknologi unit bisnis yang telah ada melalui peningkatan interaksi dan keterkaitan antara rantai nilai inovasi dengan rantai nilai produksi.

Dengan sasaran:

  • Berfungsinya peran PI-UMKM
  • Tersedianya skema pembiayaan UMKM berbasis teknologi inovatif.
  • Tersedianya Lembaga Intermediasi UMKM.
  • Tersusunnya kebijakan akses UMKM ke HaKI lisensi wajib yang sudah habis masa berlakunya.
  • Berfungsinya jaringan berbasis IT sebagai gateway pengembangan UMKM berbasis teknologi inovatif.
  • Meningkatnya jumlah UMKM yang inovatif.

Pemerintah juga membuatkan sebuah virtual market Pusat Inovasi UMKM dengan alamat di http://www.vmp-piumkm.com, sebuah sarana untuk melakukan pemasaran bersama, baik sesama pelaku UMKM, maupun dengan pelanggan dan lembaga litbang. Disamping itu juga untuk membuka peluang marketing komunikasi terintegrasi, sehingga dapa memperluas aksesibilitas dan pemasaran yang merupakan tempat bertemunya penjual (seller) dan pembeli (buyer) di internet.)

Tidak cukup dengan portal Pusat Inovasi UMKM, pemerintah juga membuatkan portal bagi pelaku usaha umkm termasuk pelaku industri kreatif yang telah siap untuk melebarkan sayapnya ke luar daeran dan luar negeri untuk memamerkan dan memasarkan produksinya di http://www.indonesian-products.biz

Situs-situs di atas adalah gratis dan pelaku industri UMKM maupun industri kreatif dapat memanfaatkan situs tersebut untuk meningkatkan daya saing produk dan jasa mereka. Semoga tulisan sederhana ini bisa bermanfaat. Terimakasih.

Pustaka:

Tim Indonesia Design Power. 2008. “Pengembangan Ekonomi Kreatif Indonesia 2025.” Jakarta: Departemen Perdagangan RI.

Memberdayakan UKM melalui Google.” Media Indonesia Senin, 8 Maret 2010