Tag

, ,

Indonesia tak diragukan lagi dengan kekayaan alamnya, salahsatu kekayaan alam Indonesia adalah tanaman obat. Sudah sejak dahulu kala, orang tua kita (nenek moyang) menggunakan tanaman obat ini untuk menyembuhkan berbagai penyakit.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang pangkalan data yang berisi tentang Tanaman Obat Indonesia. Pangakalan data ini beralamat di

http://www.iptek.net.id/ind/pd_tanobat/

Pangkalan data ini pada halaman awalnya sudah menyusun daftar nama-nama tanaman berdasarkan urutan abjad. Kita bisa memilih tanaman obat untuk melihat deskripsinya.

Pangkalan data ini menyediakan kotak pencarian yang khusus mencari tanaman obat berdasarkan nama penyakit yang kita masukan.

Uji coba:

Saya memasukan kata “batu ginjal” pada kotak pencarian tersebut:

Muncul dua nama tanaman sebagai obat, yaitu daun sendok dan pepaya. Kolom hasil pencarian ini juga menyertakan nama latin dan nama lokal dari kedua tanaman tersebut.

Saya kemudian mengklik daun sendok, maka muncul informasi berupa uraian singkat dari tanaman dun sendok, lalu ada juga nama-nama lokalnya.

Di bawah informasi-informasi tersebut masih ada informasi lainnya. Dalam kotak kuning terdapat informasi mengenai  jenis-jenis yang dapat diobati oleh tanaman daun sendok. Dan dalam kotak berfasilitas scroll ada informasi tentang bagian tanaman yang digunakan, indikasi (khasiat) tanaman obat, cara pemakaian, dan contoh pemakaian tanaman daun sendok pada berbagai jenis penyakit.

Di bawah kotak berscroll masih ada informasi lain yaitu tentang komposisi tanaman ini mulai dari sifat kimiawi, efek farmakologis, kandungan kimia, serta informasi tambahan tentang pemanfaatan tanaman ini berdasarkan hasil penelitian.

pemaparan di atas hanya sekedar contoh dari satu tanaman, anda bisa mengeksplorasi pangakaln data tanaman obat indonesia ini sendiri.

Demikian sobat pemaparan saya kali ini. Alam kita sangat kaya dan pangkalan data di atas telah memfasilitasi kita untuk mengetahuai dan mengenal lebih dekat tanaman obat yang kita miliki serta manfaatnya bagi dunia kesehatan. Sekian, semoga bermanfaat.