Tag

,

Sebelum membahas tentang Wikipedia, ada baiknya kita kenalan dulu dengan ensiklopedi. Ensiklopedia pertama kali ditulis oleh Speusippus yang hidup pada 407-339 SM. Ensiklopedi berasald ari bahasa Yunani enkyklios paideia yang artinya pengajaran menyeluruh. Pada intinya, ensiklopedi dimaksudkan sebagai rujukan yang mencakup seluruh pengetahuan paling mutakhir atau bisa juga sekelompok disiplin ilmu.

Pengertian lebih lanjut tentang ensiklopedi dipaparkan oleh Soetminah (1992) yang mengatakan bahwa ensiklopedi adalah buku yang berisi himpunan uraian yang terdiri atas definisi, sejarah, dan hubungannya dengan hal-hal lain. Himpunan uraian tersebut ada yang meliputi seluruh bidang ilmu pengetahuan disebut dengan ensiklopedi umum, dan ada yang hanya satu bidang ilmu pengetahuan disebut ensiklopedi khusus.

Ciri-ciri ensiklopedi:

Secara umum ensiklopedi meiliki ciri-ciri:

  • Disusun dengan susunan tertentu, biasanya alpabetis
  • Tidak perlu membacanya dari awal sampai habis, ensiklopedi bisa dibaca menurut entri-entrinya saja yang sesuai dengan kebutuhan informasi.

Wikipedia

Banyak yang menyebut wikipedia sebagai ensiklopedi online. Dari halaman prihalnya terdapat keterangan bahwa Wikipedia merupakan ensiklopedia isi bebas yang dimulai pada tahun 2001 (versi bahasa Indonesia dimulai pada tahun 2003). Artikel-artikel di Wikipedia merupakan hasil kolaborasi oleh para penyumbangsih dari seluruh dunia. Situs ini merupakan situs wiki, yang berarti siapapun dapat menyunting artikel, memperbaiki dan menambahkan informasi, hanya dengan mengklik pranala sunting yang berada di atas setiap halaman.

Kelebihan:

  1. Mudah digunakan. Aplikasi yang berbasi elektronik dan tampilan muka yang ramah bagi pengguna membuat wikipedia mudah untuk digunakan.
  2. Mutakhir. Isi entri dari Wikipedia sangat mutakhir karena perkembangan terbaru di dunia ini dapat dengan cepat ditulis dan dimasukan ke dalam pangkalan data Wikipedia. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu sangat lama untuk memasukkan entri baru.
  3. Kesalahan cepat diperbaiki. Karena bersifat bebas dan terbuka, jika pengguna menemukan kesalahan atau kekurangakuratan informasi yang terdapat pada sebauh entri di wikipedia, pengguna terbut dapat memperbaikinya secepat mungkin. Hal ini berbeda dengan ensiklopedi konvensional yang membutuhkan waktu yang lama untuk melakukan perbaikan, karena perbaikan entri baru dapat dilakukan ketika cetak ulang. Akan tetapi, banyak pihak yang menuduh hal ini sebagai kekurangan dari wikipedia, yaitu cepat berubah.

Kekurangan:

  1. Kepengarangan yang tidak dikenal. Kepengarangan sangat menentukan sebuah informasi, karena anda pasti akan memilih tulisan yang ditulis oleh orang yang benar-benar ahlinya. Sedangkan wikipedia tidak memberikan keterangan penulis.

Implemetasi pemanfaatn Wikipedia dalam dunia akademik.

Penggunaan wikipedia di kalangan akademik menjadi perdebatan yang hangat, bahkan banyak universitas yang meng-haram-kan penggunaan wikipedia dalam tugas pembuatan peper, hal ini juga berlaku ditempat saya menimba ilmu, Universitas Indonesia. Akan tetapi, tak bisa dipungkiri bahwa Wikipedia menjadi sumber yang paling banyak digunakan oleh pelajar maupun mahasiswa dalam pembuatan tugssnya. Umi Proboyekti mengungkapkan bahwa mahasiswanya dalam mencari sumber informasi bergantung pada sumber-sumber tertentu seperti:wikipedia.

Diskusi mengenai penggunaan Wikipedia pun menjadi topik yang menarik di milis pustakawan meneliti, pertanyaan mendasarnya adalah apakah wikipedia sudah termasuk kedalam kategori sumber rujukan seperti ensiklopedia dan sumber rujukan lainnya?, apakah sudah ada kebijakan bahwa isi dari wikipedia tersebut dapat dipertanggungjawabkan seperti ensiklopedia?

Dari berbagai sumber dan diskusi yang saya lakukan, saya dapat menyimpulkan tentang bagaimana pemanfaatan wikipedia sebagai berikut:

  1. Wikipedia tidak direkomendasikan untuk dirujuk secara formal (dikutip isinya), tapi kita bisa menggunakanya untuk mengkomparasikan dengan sumber lain, banyak yang meragukan validitasnya karena (salah satunya) banyak yang berkontribusi, isinya bisa benar atau bisa juga tidak benar, karena tidak ada sistem yang menfilter itu, filternya ada pada diri kita.
  2. Wikipedia jangan dijadikan sumber informasi, tapi wikipedia hanya portal saja, dimana kita bisa mendapatkan informasi awal dan juga mendapatkan link ke sumber yang sebenarnya. Jadi yang digunakan sebagai sumber informasinya adalah pranala luar.
  3. Wikipedia bisa gunakan untuk mencari informasi awal tentang sebuah topik yang paling mutakhir.

Pustaka:

Putut Widjanarko. 2000. Elegi Gutunber: Memposisikan Buku si era Cyberspace. Bandung: Mizan.

Soetminah. 1992. Perpustakaan, Kepustakawanan, dan Pustakawan. Yogyakarta: Kanisius.

Umi Proboyekti. 2008. Literasi Informasi: Evaluasi Sumber Informasi. http://sambungjaring.blogspot.com/2008/05/literasi-informasi-evaluasi-sumber.html (akses pada 10 Mei 2010)

Iklan