Tag

,

Audio Book’s: buku berbicara untuk Tunanetra

Beberapa waktu lalu saya melihat tayangan sebuah televise yang memberitakan tentang sebuah perpustakaan khusus untuk saudara kita yang memiliki kekurangan, yaitu hanya bisa melihat satu warna dalam hidupnya.

Saya jadi teringat dengan sebuah proyek besar dalam digitalisasi buku (bentuk ebook memiliki banyak format), yaitu proyek Gutenberg. untuk itulah tulisan ini saya persembahkan buat mereka yang ingin maju dalam keterbatasan-nya melihat dunia.

Proyek Gutenberg membuat eBook audio tersedia seperti litaratur dalam bentuk teks. listing kami dibagi menjadi dua kategori: Manusia-membaca dan computer-generated audio books.

Nah, alamatnya di: http://www.gutenberg.org/browse/categories/2

Kita bias memilih sesua judul buku atau nama pengarang yang ingin kita dengarkan. Selain itu ada juga pilihan bahasa yang terdirid ari 50 bahasa. Atau berdasarkan tipe buku, apakah dibacakan manusia, computer-generated audio books, rekaman musik, dll.

Ketika mengklik salah satu judul maka akan tampil data bibliografisnya

Selain itu juga ada tampilan table yang berisi tentang format buku, apakah mp3, mp4, dsb. Juga encoding, kompresi, ukuran file, dan link untuk mengunduh.

Namun, kebanyakan buku-nya berbahasa Inggris dan untuk buku berbahasa Indonesia masih sangat jarang.

File-file ini bisa sangat besar, sehingga tidak cocok untuk mereka yang menggunakan modem atau sambungan kecepatan rendah.
Semoga Artikel sederhana ini bermanfaat.