Tag

,

Crayon, yap bila ingat kata ini angan kita mungkin akan langsung teringat pada sebuah alat gambar. Tapi kalo crayonpedia.org, ia bukan alat gambar, tapi ini adalah singkatan dari Create your open education Encyclopedia. Atau bahasa kitanya, Ensiklopedia Pendidikan Berbasis Multikurikulum, Multiprogram dan Multimateri Pertama yang Dibangun oleh dan untuk Komunitas

Saat ini ada 6.833 materi dengan 2.397 pengguna terdaftar, portal buat pengembangan bahan ajar mulai dari tingkat SD sampai SMA sederajat.

Alamat: http://www.crayonpedia.org/mw/Halaman_Utama

Tampilannya mirip dengan wikipedia. Mudah juga di gunakan karena ada fasilitas pencarian. Atau kalau mau browsing materi apa aja yang ada di crayonpedia ini bisa dengan mengklik jenjang pendidikan kemudian pilih kelas, kemudian nama mata pelajaran, maka akan ditampilkan materi apa saja yang tersedia untuk mata pelajaran tersebut.

Setelah itu baru deh klik materi tentang apa yang mau kita baca. Untuk lebih cepat bias menggunakan fasilitas pencarian, karena tinggal memasukkan kata kuncinya aja.

Oh iya, karena ini dibuat oleh komunitas, sama seperti wikipedia, maka kita juga bisa menyumbangkan materi loh. Terutama anda para guru, bisa meresume materi yang diajarkan di kelas buat dipublish di crayonpedia ini.

Bayangkan, kalau crayonpedia yang masih bayi, dapat asupan gizi dari para guru sebagai kontributor materi -dengan kualitas tulisan terjaga dan lebih baik dari wikipedia-, pastinya ngebantu buat anak-anak dari seluruh Indonesia yang mencari sumber materi pelajaran mereka di situs ini atau juga penugasan belajar mandiri.

Oce, sekian dulu semoga bermanfaat bagi dunia pendidikan kita.