Tag

, ,


Internet, istilah ini begitu familiar dan tak lagi asing seperti sepuluh tahun silam. Keberadaannya kini sudah melekat dan sulit dipisahkan sebagai piranti yang sangat membantu aktivitas sebagian besar penghuni kolong langit, termasuk saya.

Perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat menjadi factor pendorong akses public ke internet menjadi lebih mudah. Padahal dulu akses internet di daerah pelosok sangat sulit. Saya sendiri awal tahun 2006 harus menempuh jarang 10 kmhanya untuk berinteraksi dengan internet. Tapi  kini, saking pesatnya pertumbuhan teknologi, internet sekarangs udah masuk ke dalam kantong orang.

Berbicara unternet dengan penggunanya tentu kita akan membicarakn juga mengenai fasilitas yang sering digunakan serta prilaku pengguna onternet. Namun dalam tulisan ini hanya akan dibahas mengenai pengalaman saya saja selama berinteraksi dengan internet.

Dari sekedar Nyari Informasi sampai Ekspresi Diri

Awal bersentuhan dengan internet sebenarnya nyaris sama saja dengan kebanyakan orang, hanya untuk mencari informasi. Ajtivitas menari informasi di internet ini sampai kini masih dilakukan, dari sekedar informasi remeh sampai tugas kuliah.

Interaksi selanjutnya dengan internet membawa padapengalaman baru mengirim dokumen, pertemuan kedua ini sayamulai membuat email dan sejak saat itu jika ingin mengirim tulisan keberbagai media masa pasti menggunakan internet, tidak lagi menggunakan jasa kantor pos.

Cukup lama menggunakan internet hanya untuk dua kativitas tersebut sampai akhirnya facebook booming di Indonesia. Pertama kali menggunakan FBsama seperti kebanyakan orang hanya untuk bertemu teman-teman lawas yang netha keberadaannya  ada di mana. Berjalannya waktu saya mulai menyadari sesuatu, ternyata FB bisa digunakan untuk membuat jaringan dengan banyak orang dan orang-orang terkenal yang dalam dunia nyatanya sangat sulit untuk berinteraksi, tapi berkat FB dan internet itu bisa diatasi, benar-benar boderless world.

Interaksi yang paling menantang adalah ketika punya blog, karena dengan adanya blog saya merasa dituntut untuk terus berkarya. Hambatan untuk mempublikasikan tulisan luruh dengan adanya blog, jadi tak perlu lagi menunggu media massa untuk menerbitkan karya-karya kita. Dan lewat blog inilah saya menumpahkan segala ekspresi diri, mulai dari sekedar puisi sampai tulisan-tulisan berat, dan bahkan lewat blog ini saya membuat penayunus project, sebuah project pribadi saya untuk mengumpulkan situs-situs di internet yang bisa membantu dunia pendidikan dan memberikan ringkasan mengenai situs-situs tersebut.

Nah, ternyata internet telah menjadi gaya hidup saya bukan, tapi bukan sekedar ngenet loh. Dengan internet saya bisa membuat jaringan sampai mengekspresikan diri saya. Kalau kamu gimana?

Tulisan ini dilombakan pada Bhinneka Blog Competition