Belakangan ini muncul berita tentang pryoek palapa ring, saya hanya akan berbeagi sekilas saja tentang proyek prestisius ini:

Palapa Ring adalah jaringan cincin serat optik kabel bawah laut dan darat yang dibangun sebagai tulang punggung (backbone) yang menyambungkan pulau-pulau besar dan utama di seluruh Indonesia.Jaringan ini akan mengatasi ketersediaan koneksi komunikasi, sekaligus solusi bagi kecepatan akses data. Proyek Palapa Ring telah selesai sepanjang 42.470km, yang menghubungkan Sumatera, Jawa, Kalimantan, Sulawesi, Bali, NTB dan NTT. Kemudian akan diteruskan ke Maluku dan Papua (sisa 10.000 km lagi). Pembangunan Palapa Ring dilakukan oleh suatu konsorsium swasta. Untuk mengatasinya, sedang disusun kebijakan stimulus Dana TIK, yang harus disusun sesuai Inpres No. 1 Tahun 2010, dengan sumber pendanaan dari kontribusi USO.

Gambar Sebaran perencanaan program Palapa Ring

Dana TIK dimanfaatkan untuk mempercepat perwujudan Indonesia Connected, dimana Palapa Ring akan bermanfaat bagi peningkatan prosentasi daerah yang terakses telepon dan internet pedesaan, ibukota provinsi dengan akses FO (Fiber Optic), NIX (National Internet Exchange) serta IIX (International Internet Exchange), dan keterhubungan seluruh ibukota kabupaten/ kota dengan fasilitas pita-lebar. Palapa Ring merupakan program unggulan penyediaan infrastruktur telekomunikasi, yang sejalan dengan program USO, BWA dan desa informasi. Seperti halnya pembangunan infrastruktur lainnya, Palapa Ring akan berdampak konstruktif bagi pertumbuhan ekonomi.

Sumber: Buku Putih ICT di Indonesia 2010