Tag

,

Setidaknya itulah yang ingin saya lakukan Seandainya saya Anggota DPD RI. Sebagai anggota DPD saya sebagai wakil daerah bukan wakil partai atau golongan lainnya, benar-benar mewakili daerah. Karena tugas, fungsi, dan wewenang DPD hanya terbatas soal permasalahan yang menyangkut daerah.

Strategi yang saya lakukan untuk mencapai impian di atas sebenarnya sederhana saja, berikut jurus-jurusnya:

Kotak Aspirasi. Saya akan mencoba menempatkan diri saya sebagai kotak yang menampung semua keluhan, saran, kritik makian mengenai tugas saya sebagai anggota DPD. Caranya sangat beragam tetapi relatif murah, mulai dari mendengar secara langsung sampai menampunya lewat media online seperti fb, blog, twiter dan lainnya. Pesan yang masuk ini sangat penting untuk memetakan masalah yang terjadi di daerah.

Fasilitator. Saya juga akan menjalin hubungan yang erat dengan pemda, ormas, LSM, kelompok swadaya masyarakat, dan kelompok-kelompok warga yang berada di daerah saya. Hal ini penting karena saya akan memfasilitasi mereka dengan pihak pusat. Saya akan mendengar masukan mereka untuk kemudian saya perjuangkan di DPD. Jika ada program pemerintah pusat yang berkaitan dengan pemabangunan daerah, maka saya akan menginformasikannya ke pemda, ormas, LSM, kelompok swadaya masyarakat, dan kelompok-kelompok warga yang berada di daerah saya agar mereka tahu dan dapat memanfaatkannya untuk kegiatan pembangunan di daerah.

Itulah yang akan saya lakukan jika saya menjadi anggota DPD, kalau kamu?