Ternyata masih ada masalah dalam menulis. Ketika kita susah payah punya tulisan dan sudah berusaha menembus media, namun tetap ditolak. (ada baiknya baca postingan sebelumnya dulu)
Saya yakin ada rasa kecewa. Namun perlu anda catat, seorang penulis terkenal seperti Joni Ardinata pun pernah mengirimkan puluhan karya namun semuanya ditolak sampai pernah frustasi dan berniat berhenti menulis. Saya pun sama, dari rata-rata lima tulisan yang saya kirim ke media massa paling Cuma satu yang dimuat.
Lantas bagaimana dengan nasib karya kita? Kita simpan saja ditumpukan kertas bekas hingga berlapuk atau malah dibuang ke tempat sampah? Oh tidak!
Tulisan itu adalah karya kita, yang mungkin saja dengan susah payah kita membuatnya. Maka seharusnya ia tidak kita sisihkan begitu saja ketika ditolak oleh media massa apalagi membuangnya. Bagaimanapun masih ada cara untuk mempublikasikannya agar ia tetap bermanfaat bagi orang lain.

Blog! Adalah salah satu caranya. Dengan blog kita bisa mempublikasikan karya kita tanpa takut ditolak. Karena blog pribadi kita adalah milik kita sendiri. Sama dengan blog ini, di sini saya bisa bebas mempublikasikan hasil karya-karya saya. Dan keuntungannya, saya bisa mendapatkan umpan balik dari orang lain lewat komentar-komentar. Sehingga ada semangat dan masukan untuk menghasilkan karya yang lebih baik lagi.
Oh ya, lomba blog juga sangat banyak loh. Bahkan Internet sehat, sebuah gerakan advokasi masyarakat ke internet yang sehat dan aman, memiliki acara tahunan bernama internet sehat blog and content award dengan memberikan award tiap minggunya kepada dua bloger selama setahun (hitung sendiri aja berapa jumlah pemenangnya). Siapa tahu kalo kamu ikut bisa menang.
Kesimpulannya, jangan takut dan sakit hati ditolak media, karena ada blog yang siap menampung karya kita. So, ayo terus berkarya!