KUR tidak asing lagi bukan di telinga? Yah singkatan dari Kredit Usaha Rakyat, salah satu program yang dapat digunakan untuk tambahan modal usaha. Namun, masih banayk loh yang belum tahu secara utuh spesies yang satu ini.

KUR ini merupakan fasilitas pembiayaan yang dapat diakses oleh UMKM dan Koperasi terutama yang memiliki usaha yang layak namun belum bankable. Maksudnya adalah usaha tersebut memiliki prospek bisnis yang baik dan memiliki kemampuan untuk mengembalikan. UMKM dan Koperasi yang diharapkan dapat mengakses KUR adalah yang bergerak di sektor usaha produktif antara lain : pertanian, perikanan, dan kelautan, perindustrian, kehutanan, dan jasa keuangan simpan pinjam. Penyaluran KUR dapat dilakukan langsung, maksudnya UMKM dan Koperasi dapat langsung mengakses KUR di kantor Cabang atau Kantor Cabang Pembantu Bank Pelaksana. Untuk lebih mendekatkan pelayanan kepada usaha mikro, maka penyaluran KUR dapat juga dilakukan secara tidak langsung, maksudnya usaha mikro dapat mengakses KUR melalui Lembaga Keuangan Mikro dan KSPIUSP Koperasi, atau melalui kegiatan linkage program lainnya yang bekerjasama dengan Bank pelaksana.

Mulai tahun 2010 Bank Pelaksana KUR menjadi 19 Bank yaitu ; PT. BRI, PT. Mandiri, PT. BNI, PT. BTN, PT. Bank Syariah Mandiri dan PT. Bukopin ditambah 13 Bank Pembangunan Daerah (BPD) yaitu : PT. Bank DKI, PT. BPD Jabar dan Banten, PT. BPD Jawa Tengah, PT. BPD Jawa Timur, BPD DI Yogyakarta, PT. BPD Nusa Tenggara Barat, PT. BPD Sumatra Barat, PT. BPD Kalimantan Barat, PT. Bank Pembangunan Kalteng, BPD Kalimantan Selatan, PT. BPD Sulawesi Utara, PT. BPD Maluku dan PT. BPD Papua.

 Oke deh, untuk berkenalan dengan spesies ini lebih intim, kamu bias mengunjungi alamat dibawah ini untuk tahu apa itu KUR, Bank Pelaksana KUR, Prosedur dan Cara Mengajukan KUR, Skema KUR, dan Perkembangan KUR. Nah ini dia alamatnya: http://www.smecda.com/sme/KUR/default.htm