Tag

,

Tanggal 20 Februari 2013 saya mendapatkan undangan resmi untuk mengikuti pelatihan Peningkatan Kemampuan Pendamping dan Petugas Sosial Pemberdayaan fakir Miskin, KAT dan PMKS Lainnya yang diselenggarakan oleh Dinas Kesejahteraan Sosial Kab. Tangerang dengan mengambil tempat di Padang Golf Modern Tangerang.

 

Pada acara tersebut hadir pak Masali dari Direktorat Penanggulangan Kemiskinan Perdesaan Kementrian Sosial. Ia membawakan materi tentang pendampingan sosial. Adapun intisari dari materi itu adalah sebagai berikut:

  1. PENDAMPING SOSIAL ADALAH PERORANGAN KELOMPOK ATAU LEMBAGA YANG MEMENUHI KOMPETISI DIBIDANG USAHA KESOS DAN USAHA EKONOMIS PRODUKTIF MELALUI KUBE DAN LKM.
  2. TUJUAN PENDAMPINGAN SOSIAL ADALAH SECARA UMUM MENINGKATKAN  MOTIVASI, KEMAMPUAN DAN PERANTARA ANGGOTA KUBE DALAM MENCAPAI KUALITAS HIDUP DAN KESEJAHTERAAN SOSIAL ANGGOTANYA.
  3. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KUBE DALAM MENEMUKENALI PERMASALAHAN, POTENSI PARA ANGGOTA DAN SUMBER DAYA SOSIAL EKONOMI YANG ADA DILINGKUNGANNYA.
  4. MENINGKATKAN KEMAMPUAN KUBE DALAM MERENCANAKAN MELAKSANAKAN DAN MENGEVALUASI KEGIATAN PEMECAHAN MASALAH KESEJAHTERAAN SOSIAL.
  5. MENINGKATNYA AKSES PARA ANGGOTA KUBE TERHADAP LAPANGAN KERJA, PELAYANAN SOSIAL DASAR DAN FASILITAS PELAYANAN SOSIAL PUBLIK LAINNYA.
  6. TERPENUHINYA KEBUTUHAN DASAR KELUARGA FAKIR MISKIN ( Sandang, Pangan, Papan, Lapangan Kerja, Pendidikan Dasar, Pelayanan Kesehatan Dasar, Air Bersih dan Sanitasi Lingkungan serta Kebutuhan Dasar lainya ).
  7. MENINGKATNYA KEMAMPUAN KUBE DALAM MEMPERTANGGUNG JAWABKAN KEGIATAN USAHA EKONOMI DAN USAHA KESOS YANG DILAKUKAN SECARA BERSAMA-SAMA.
  8. PRINSIP PENDAMPINGAN SOSIAL: INISIATIF LOKAL. PENDAYAGUNAAN POTENSI LOKAL. PARTISIPASI. PENINGKATAN PERANSERTA AKTIF KUBE. BEKERJA BERSAMA KUBE. KEMITRAAN. PENDELEGASIAN KEWENANGAN BERORGANISASI. TIDAK MENGGURUI. PENGGUNAAN BAHASA LOKAL. AKTUALISASI INSTITUSI TRADISI.
  9. TUGAS PENDAMPING:  a. MENGOLAH ADMINISTRASI KEGIATAN PENDAMPING SOSIAL, b. MENDUKUNG, KONSULTASI, SARAN DAN FASILITASI, c. SEBAGAI PENYULUH SOSIAL, MEMOTIVASI ANGGOTA KUBE UNTUK BERPERAN AKTIF DALAM USAHA KESEJAHTERAAN SOSIAL