Tag

Bagaimana rasanya jika kita membeli barang tetapi ternyata barangnya cacat? Atau membeli barang dengan harga tinggi tapi kualitasnya murahan? Rasanya pasti sebal dan jengkel karena merasa telah ditipu. Dan ternyata, nyaris semua kita juga pernah mengalami kejadian di atas.

Masalahnya, Seiring kemajuan zaman, berkembang juga berbagai produk yang dikeluarkan oleh produsen dan dikemas sedemikian rupa dengan cara pemasaran yang beraneka ragam pula. Semuanya demi menarik perhatian pelanggan. Namun, tidak semua produsen dan penjual  itu baik, tidak sedikit dari mereka yang curang demi meraup keuntungan yang banyak. Sayangnya kita sering terbuai dengan tampilan dan janji manis, yang mengakibatkan kita mangkel dikemudian hari karena barang yang didapat tidak sesuai harapan. Seperti penjelasan di atas.

Terlebih lagi, sekarang juga marak bisnis berbasis online. Banyak penjual yang benar, tetapi ada juga yang memanfaatkan internet untuk melakukan penipuan kepada konsumen. Apalagi  di internet kita tidak dapat lihat barang aslinya seperti kita melihat-lihat di toko. Sehingga kita pun sebagai konsumen, perlu lebih hati-hati ketika akan melakukan transaksi pembelian barang.

Saya memiliki tips untuk anda, tips menggunakan internet sebagai informasi rujukan menjadi konsumen yang lebih cerdas. Berikut ini tipsnya:

Pertama. Cari tahu informasi tentang barang yang akan kita beli. Cara dapat dengan cari info di internet. Mulai dari kualitas sampai testimony para pembelinya. Apakah barang itu sesuai dengan keinginan kita. Barang  tersebut memiliki SNI sebagai standar mutu yang berlaku di Indonesia. Dan kualitasnya sesuai dengan yang didengung-dengungkan oleh produsen. Kalau tidak sesuai kita dapat mencari pengganti barang tersebut.

Kedua. Cari info produsen atau penjual. Kita dapat mencari informasi tentang produsen atau penjual barang yang ingin kita beli. Apakah produsen dan penjualnya memiliki kredibilitas dan layanan yang baik. Sebagai konsumen kita berhak untuk memperoleh informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa yang akan kita beli. Jika kredibilitas dan layanannya meragukan, yah sebaiknya cari pihak lain yang lebih baik lagi.

Ketiga Bandingkan harga. Kita dapat membandingkan harga barag yang akan kita beli dari berbagai toko. Tidak perlu keluar rumah, tinggal googling saja. Setidaknya kita tahu kisaran harganya, sehingga kita dapat menentukan range harganya, apakah pas dengan kuzlitas barang yang akan kita beli. Dan pastinya pas dengan kantong kita.

Keempat. Cari lokasi. Lewat internet kita juga dapat mencari lokasi barang yang akan kita beli. Apakah lokasinya dekat dengan tempat tinggal kita, sehingga tidak perlu buang ongkos ke tempat yang lebih jauh. Dan apakah barang tersebut dapat di kirim ke rumah kita.

Setidaknya itulah tips sederhana dari saya. Semoga bermanfaat.