Tag

,

Tangal 13-15 November 2013 saya mendapatkan kesempatan untuk melakukan study banding bersama rombongan Dinas Pertanian dan Peternakan Kab. Tangerang. Meski sebagian pesertanya saya kurang mengenalnya karena beda usaha, saya di unggas dan sisanya ruminansia, hanya pak Zakaria yang saya kenal karena dulu sudah kenal sewaktu di Taman Ternak.

Study banding ini dilandasi semangat untuk membuat pasar hewan di Kab. Tangerang. Tapi bagi saya adalah kesepatan untuk melihat dan belajar lebih banyak kepada peternak di daerah lain. Selasa sore berangkat dari Cikupa ternyata sampai Ambar Ketawang tujuan pertama adalah jam 9 pagi. Melihat bentuk pasar hewan lengkap dengan segala fasilitas juga aktivitasnya.

bersama rombongan di pasar hewan

mendengar penjalasan dri kepala pasar hewan

aktivitas pasar hewan

Setelah dari Sleman kami kemudian lanjut ke kantor dinas Kulon Progo, dari sini kemudian diarahkan ke Kopek, Wates, dan Kalibawang. Luput dari bayangan kalau jalurnya naik turun dan jaraknya jaug-jauh.

posyandu ternak

pemaparan dari kelompok mantep makaryo

kandang kambing etawa kelompok mantep makaryo

kelompok CIndelaras

kelompok Cindelaras

pemaparan dari kelompok CIndelaras

unit pengolah pakan kelompok Cindelaras

kelompok Ngudi mulyo

Jam 9 malam kami baru sampai ke hotel RubaGrha di pusat kota Jogja untuk istirahat.

Besoknya kami ke Sleman, tepatnya kecamatan minggir melihat kelompok ternak itik, yang membuat saya lebih bersemangat apalagi pak Sekdir, Drh Mawardi Nasution membisikan amanah untuk mengembangkan ini di tangerang.

kelompok mulyo adi

mendnegar pemaparan kelompok mulyo adi

kandang kelompok mulyo adi

Setelah selesai kami shalat jumat dulu, baru lanjut ke pusat kesehatan hewan (puskeswan) Girimulyo, lagi-lagi di Kulon Progo.

tiba di puskeswan

di puskeswan

Setelah itu baru balik lagi ke pusat kota Jogja. Apalgi kalu bukan acara berburu oleh-oleh di Malioboro. Dan jam 8 malam kami akhirnya kembali menuju Tangerang.