Masalah klasik yang dihadapi oleh masyarakat di perdesaan untuk meningkatkan kesejahteraan adalah masalah modal. Sedikitnya modal usaha membuat masyarakat pedesaan tidak mampu mengelola dengan optimal sumber daya yang ada di sekitarnya. Begitu juga dengan masyarakat desa tempat saya tinggal, masalah modal membuat orang miskin tidak dapat mengembangkan dirinya untuk lebih sejahtera.
Beranjak dari masalah di atas, awal tahun 2013, saya dan kelompok ternak yang saya pimpin, kelompok ternak Nurbarokah, menggagas sebuah inovasi bisnis peternakan itik dengan system pemberdayaan masyarakat. System socialentrepreneurship dengan mengembangkan plasma inti.
Pemilihan ternak itik sendiri dilandasi beberapa alasan. Ternak itik merupakan salah satu komoditas unggas yang mempunyai peran cukup penting sebagai penghasil telur dan daging untuk mendukung ketersediaan ptotein hewani yang murah dan mudah didapat. Selain itu, produk itik pedaging akhir-akhir ini ditengarai semakin diminati masyarakat lokal maupun mancanegara. Itik merupakan komoditas peternakan yang tidak asing bagi masyarakat perdesaan, hampir setiap rumah di desa memiliki unggas yang satu ini. Karena itu, budidaya itik baik petelur maupun pedaging merupakan peluang usaha yang dapat diandalkan untuk meningkatkan pereokoniman masyarakat sekaligus agar dapat memenuhi kebutuhan pasar yang semakin meningkat.

Foto008
Kegiatan bisnis itik ini kami melakukan kerjasama dengan berbagi pihak. Kerjsama ini dilakukan untuk meningkatkan produksi dan peningkatan pendapatan baik kelompok maupun mitra. Orang-orang ini sebelumnya telah kami latih terlebih dahulu dengan paket-paket pelatihan.

Saat ini kami memiliki delapan kelompok plasma yang masing-masing beranggota sepuluh orang, dan dua orang mitra penetasan telur. Adapun kelompok plasma ini adalah sebagai berikut:
No Nama Alamat Kegiatan
1 Kube Gintung Sejahtera Ds. Gintung Penetasan
2 Kube Cipta Karya Ds. Buaran Jati Penetasan dan pedaging
3 Kube Bina Mandiri Ds. Rawa Kidang Pedaging
4 Kube Kunci Sejahtera Ds. Kosambi Pedaging
5 Kube Mandiri Sejahtera Ds. Pekayon Pedaging dan petelur
6 Kube Sukses Berdikari Ds. Mekar Kondang Pedaging
7 Kube Kebon CS Ds. Karang Serang Petelur dan Penetasan
8 Kube Sukadiri Sejahtera Ds. Sukadiri Pedaging

Pola kerja inovasi bisnis ini adalah dengan kegiatan penetasan telur dan pembesaran itik pedaging. Pola ini lebih lanjut adalah sebagai berikut:
Sistem kerja penetasan telur. Kelompok ternak nurbarokah mendisribusikan telur kepada anggota kelompok, kube plasma dan mitra usaha untuk ditetaskan. Anggota kelompok, kube plasma, dan mitra usaha melakukan kegiatan penetasan. Setelah telur menetas, dod dibawa oleh kelompok ternak Nurbarokah. Anggota kelompok, kube plasma, dan mitra usaha mendapatkan jasa usaha penetasan dari Nurbarokah sesuai dengan kesepakatan bersama.

Sistem kerjasama pembesaran itik pedaging. DOD (anak itik) dan pakan itik didistribusikan oleh kelompok ternak Nurbarokah kepada anggota kelompok, kube plasma, dan mitra usaha sesuai dengan jadwal distribusi yang telah ditetapkan untuk dibesarkan sampai itik mencapai berat itik pedaging. Setelah itik siap panen, itik pun ditarik kembali oleh nurbarokah untuk dijual ke konsumen akhir. Dimana pelaku pembesaran mendapatkan bayaran yang telah dipotong harga DOD dan pakan.

Telur itik berasal dari itik petelur di Nurbarokah dan Plasma ditetaskan menggunakan mesin buatan sendiri. Telur menetas menjadi DOD, DOD yang berasal dari internal kelompok dan plasma kemudian di disteribusikan ke internal dan plasma. Sedangkan pakan berasal dari bahan baku lokal limbah pertanian dan perikanan yang diolah dan diramu menjadi pakan alternatif.
Inilah langkah kecil, sebuah inovasi bisnis yang telah kami lakukan dengan memanfaatkan sumber daya lokal dan melibatkan masyarakat sekitar.