Selasa, 22 April 2014 saya menghadiri sebuah acara di Hotel Permata Mulia Tangerang. Bukan undangan resmi sebenarnya, karena saya diminta hadir oleh sesama teman di Gerakan Sukses untuk hadir di sana karena berkaitan dengan apa yang sudah saya tulis dan dibukukan. Tentang pemanfaatan internet untuk promosi bagi pelaku UKM.

22042014_120821

Acara itu bernama Forum Diskusi Advokasi Transformasi UKM Menjadi e-UKM. Penyelenggaranya adalah direktorat e-Business Kemenkominfo bekerjasam dengan Dinas Koperaso dan UMKM Kab. Tangerang. Pada kegiatan ini hadir pembicara bapak Malik dari Universitas Indonesia.

Menurut pak Nizam dari direktor direktorat e-Business Kemenkominfo kegiatan ini adalah demi meningkatkan pemanfaatan e-commerce oleh UKM, Direktorat e-Business telah menyelenggarakan forum diskusi tentang advokasi transformasi UKM menjadi e-UKM. Kegiatan yang telah berjalan sejak tahun 2011 ini bertujuan mengajak para UKM untuk memanfaatkan internet.

Di forum diskusi ini saya berbagi pengalaman menggunakan blogspot untuk promosi online sejak tahun 2008, lebih dulu bermain internet dibanding peserta lain yang dari segi usia jelas saya kalah jauh. Berbagi tentang cara pembayaran COD dan transfer bank secara sepintas. Karena detil dan lika-liku penggunaan internet ini sudah saya tulis di buku saya.

Dari rona wajah peserta yang hadir saya liha sangat antusias dan teratik dengan e-commerce ini. Diskusi seru mengemuka untuk kegiatan lanjuta yaitu langsung mempraktikan penggunaan internet ini yang dijawab oleh pak Nizam bahwa untuk kabupaten Tangerang ini kemungkinan diadakan tahun 2015.