IMG_20141201_150659

Waktu tidak pernah berjalan mundur, tapi dari perjalanan yang telah dilalui ada  Saja kisah atau kejadian yang dapat dikenang. Seperti perjalanan di tahun 2014 yang sebentar lagi usai.

Bagi saya pribadi tahun 2014 merupakan tahun yang berbeda dari tahun sebelumnya, banyak mimpi dan target yang dicapai, bahkan dengan cara yang luar biasa. Mari mengenang sejenak…

Di tahun 2014 ini tanpa saya sadari telah membuat saya menjejakkan kaki di seluruh ibukota provinsi se-Jawa. Awal tahun di Semarang dengan mengendarai kereta. Surabaya kemudian menyusul di tengah tahun, meski hanya transit sebentar sebelum menuju ke Malang. Dan perjalanan  ke kedua tempat tersebut seluruh akomodasi saya ditanggung pihak lain.

Setiap perjalanan memiliki jalan kisahnya sendiri, terkadang menuju tujuan dengan cara yang berbeda. Tanpa diduga tahun ini saya menikmati perjalanan udara dari Tangerang ke Surabaya, Malang-Tangerang, dan Tangerang-Palembang. Jalur darat dengan Kereta Api dari Pasar Senen – Semarang Tawang. Ketika melangkahkan kaki ke wilayah yang lebih Jauh; Sumatera sempat pula menikmati perjalanan laut menyeberangi Selat Sunda.

Saya memiliki mimpi untuk bisa menjejakan kaki di 34 provinsi di Indonesia. Alhamdulillah pada tahun 2014 ini sudah mencoret 8 provinsi. Inilah penutup perjalanan di tahun 2014. Memang masih banyak provinsi dan pulau-pulau lain yang belum dijejaki. semoga di tahun 2015 banyak kota lain, di provinsi lain, di pulau lain yang bias kaki ini jejaki, entah dengan cara apa? Tapi sebaik-baik rencana kita, tetap lebih baik dan luar biasa rencana yang Allah desain untuk kita. Semoga!