Tag

Jika ditanya apakah usaha itik menguntungkan? Tentu saya akan menjawab bahwa usaha itik tetap menguntungkan jika dijalani dengan benar. Kemudahan dalam meransum pakan alternative dan harga jual telur itik yang lebih mahal dari telur ayam merupakan keunggulan dari ternak itik.
Namun  usaha ternak itik jelas berbeda dengan ternak ayam buras. Dari teknis budidaya dan skala usaha jelas berbeda. Usaha ayam buras yang didukung oleh investasi besar tentu saja memiliki SDM yang lebih mumpuni dan didukung sarana prasana yang lebih baik termasuk laboratorium. Ada standar kualitas yang lebih teruji pada budidaya ayam buras dibandingkan dengan usaha ternak itik yang skalanya kecil-kecil itu. Meski demikian bukan berarti tidak ada upaya serius dalam memperbaiki kulitas ternak itik, kami di Nurbarokah Livestock berupaya untuk hal tersebut.
Saya bersyukur pada tahun 2014 lalu, kami di Nurbarokah Livestock mengalami peningkatan omset yang berkali lipat dari tahun sebelumnya. Usaha yang dulu sampingan kini valuasi omsetnya sudah lebih dari 500 juta pertahun. Peningkatan skala usaha yang juga menuntut perbaikan kualitas tentunya. Terlebih lagi untuk segmen pasar perusahaan yang terkait dengan pemerintah. Banyak pengalaman berharga dari aktivitas bisnis di tahun 2014 yang kami dapati dan menjadi bahan pelajaran serius ke depannya. Mulai dari, persiapan bibit, waktu vaksinasi, handling distribusi sampai kepada peningkatan kualitas.
Upaya pertama adalah persiapan bibit yang lebih baik lagi kualitas dan penanganan pembesarannya. Kedua adalah waktu vaksinasi yang dijadwal dengan baik dan menghindari serangan flu burung yang merupakan momok menakutkan bagi peternak unggas. Melakukan handling distribusi dengan meminimalkan kematian ternak ketika perjalanan, khususnya pengiriman ke lokasi-lokasi yang jaraknya jauh. Setidaknya upaya tersebut kami lakukan untuk meningkatkan kualitas.
Kami juga ingin membuktikan kualitas dan mutu itik bebas dari flu burung secara rasional. Bukan dengan mengada-ngada tanpa bukti. Bukti bahwa itik yang kami pelihara dan siap kirim benar-benar itik bebas flu burung dan memiliki titer antibody AI adalah dengan membuktikannya lewat uji lab. Alhamdulillah itu bisa kami wujudkan di bulan Agustus 2015 ini.

image

Kami selalu berupaya memperbaiki kualitas produk, karena kami sadar bahwa tantangan ke depan akan lebih sulit. Karenanya kami berbenah diri, terus belajar dan mengikuti perubahan yang menuntut untuk diikuti.