Tag

image

Dunia wirausaha belakangan ini menjadi booming. Banyak bermunculan pengusaha-pengusaha baru yang menjadi inspirator bagi banyak orang untuk memulai usaha. Nama-nama seperti Henry Setiono dengan kebab Turki Baba Rafi-nya atau Mas Mono dengan Ayam Bakarnya adalah contohnya. Jika ditilik ternyata banyak pengusaha yang sukses berkat mewaralabakan bisnisnya, dua nama sebelumnya juga sukses berkat waralaba.

Salah satu buku yang membahas tentang waralaba adalah “Percaturan Waralaba Indonesia” yang ditulis oleh Amir Karamoy, seorang pakar dunia waralaba. Buku ini terbit di jakarta dengan penerbit Foresight Asia pada tahun 2013. Dan tulisan kali ini akan menggambarkan sedikit dari isi buku tersebut.

Buku Percaturan Waralaba Indonesia sendiri lahir atas fenomena perkembangan dunia waralaba di dalam negeri yang tumbuh dengan cepat. Buku ini terdiri atas 11 bab. Di setiap akhir bab disisipkan profil perusahaan pewaralaba.

Bab awal buku ini membahas konsep penting dalam waralaba, yaitu merek, sistem bisnis, dan perjanjian. Bahasan dalam bab kedua mengenai penggunaan istilah waralaba dan derivasinya. Tidak lupa dibahas juga tentang sejarah waralaba di Indonesia.

Bahasan yang paling banyak dikupas secara mendalam di buku ini adalah aspek hukum, berupa peraturan-peraturan berlaku yang mengatur tentang waralaba di Indonesia. Bahasan ini ada di bab empat, yaitu peraturan perundangan terkait waralaba. Bab lima yang menyoroti over regulated dan pembatasan company owned outlets. Dan bab tujuh yang membahas tentang perjanjian waralaba, lisensi, dan kemitraan. Di akhir buku pun terdapat lampiran dari peraturan pemerintah, peraturan menteri perdagangan, dan peraturan lainnya terkait waralaba yang berlaku di negeri ini.

Bahasan lain berupa sisi bisnis waralaba juga turut dikupas. Bab empat membahas keunggulan dan kelemahan waralaba. Bab tujuh membahas peluang usaha apa saja yang dapat diwaralabakan. Serta bab sembilan yang membahas aspek keuangan dari bisnis waralaba.

Dibagian akhir buku, sang penulis yang merupakan pakar dan praktisi waralaba di Indonesia, memuat satu bab khusus tanya jawab seputar waralaba. Mirip-mirip Faq (Frequently Asked Questions) atau dalam singkatan Indonesia Tilil (tanya itu lagi itu lagi).

Saya kira buku ini pantas dijadikan referensi bagi pengusaha yang mau membesarkan usahanya lewat jalur waralaba. Buku ini dapat menjadi pedoman bagi siapapun yang ingin menjalankan praktik waralaba sesuai dengan peraturan yang berlaku di negeri ini. sedangkan bagi anda yang tertarik untuk bergabung dengan salah satu waralaba yang sudah ada, buku ini akan membuka mata anda tentang waralaba juga hak dan perlindungan apa saja yang anda dapatkan sebagai terwalaba sesuai dengan kepastian hukum yang berlaku. Selamat membaca…

Posted from WordPress for Android