Tag

Salah satu sarana pemerintah untuk mendorong pertumbuhan ekonomi dan memasarkan produk dalam negeri adalah dengan membuat satu tempat pameran produk yaitu Smesco di Jakarta. Smesco ini sampai dibuatkan Iklan. Iklannya yang cewek bule nyasar dan ingin beli produk cenderamata. Banyak pelaku usaha, khusunya ukm, yang ingin memajang produknya di sana. Namun keterbatasan tempat yang berujung pada biaya sewa, membuat mimpi itu tak tercapai.

Belakangan ini dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi, pemerintah juga meluncurkan sebuah situs market place yang memungkinkan pelaku usaha dapat memajang produknya dan bertransaksi secara online. Situs ini bernama Trading
Board

image

Situs Trading Board adalah market place yang hanya mempromosikan produk para pengusaha di Indonesia yang bertindak sebagai produsen. Setidaknya lebih dari 49 ribu pelaku usaha telah terdaftar di situs  ini. alamat Situs: http://www.indonesian-products.biz

Mekanisme Transaksi di Trading Board
Seperti apa sih mekanisme transaksi di situs ini?  Mekanisme transaksi di situs ini dapat digambarkan sebagai berikut :
Setiap pengunjung situs bisa melakukan pemesanan barang jika pengunjung  sudah terdaftar sebagai Buyer,  Buyer ini sebelumnya sudah di Verfikasi oleh Admin dan dalam keadaan Aktif. Jika Buyer  sudah memesan barang, buyer  tinggal menunggu konfirmasi dari UKM untuk melakukan transaksi penjualan. Setelah UKM menyetujui, Buyer harus melakukan pembayaran terlebih dahulu sebagai bukti benar-benar melakukan pembelian. Setelah pembayaran di lakukan oleh Buyer, UKM akan mengirim barang sesuai dengan pemesanan. Harga bisa dilakukan negoisasi dengan UKM melalui Fitur Pesan di Aplikasi.

Gimana? oke kan buat kamu yang usahanya masih terbatas modal sekalipun. Apalagi situs ini  terbuka bagi seluruh pelaku usaha. Semua jenis usaha mulai dari fashion, furniture, makan & minuman, kerajinan tangan dan lain-lain juga ditampung di situs ini. Satu lagi, Gratis soalnya dikelola langsung oleh Kementrian Koperasi dan UKM.
Jadi ngebet mau daftar? sabar, cek dulu syaratnya

Syarat dan ketentuan menjadi anggota Siapapun pelaku usaha dapat menjadi anggota di situs Trading Board, asalkan  bersedia untuk:
– Memberikan data yang lengkap dan benar,
– Mengupdate data anggota bila ada perubahan,
– Mengupdate produk terbaru,
– Memberikan laporan kepada pengelelola secara tertulis melalui email ke indonesian.tradingboard@gmail.com
– Segala bentuk transaksi diluar tanggung jawab pengelola situs.
– Jika memberikan data yang tidak sesuai, maka anggota bersedia tidak dipromosikan dalam situs ini.

Cara jadi anggota adalah sebagai berikut :
– Pilih Menu Pendaftaran

image

– Jika mendaftar sebagai UKM pilih menu UKM. Jika mendaftar sebagai Buyer Pilih Menu BUYER. Untuk pelaku usaha pilih UKM.

– Isi Form pendaftaran dengan benar dan sesuai dengan Tepat.

image

– Setelah anda terdaftar, anda belum bisa Login. Anda harus menunggu Konfirmasi oleh Admin.
– Setelah di Konfirmasi oleh Admin anda baru bisa menggunakan Akun Anda.
Setelah akun dapat digunakan barulah kamu bisa mempromosikan produl-produk kamu. Jangan lupa siapkan foto-foto terbaik yang mewakili produkmu. Sekian

Eh, sebagai penutup. Jika tulisan ini bermanfaat jangan lupa share yah!

-Ahmad Yunus-

Ditulis dari WordPress untuk Android