Melanjutkan cerita lalu tentang blog-blog yang saya kelola. Jika tulisan sebelumnya membahas tentang konten ketiga blog tersebut. Tulisan kali ini akan membocorkan alasan kenapa saya mengelola blog-blog tersebut.

Pada awalnya saya membuat blog sebagai catatan atau diary online dari hal-hal apa saja yang ingin saya tulis. Sampai akhirnya saya sadar bahwa internet menawarkan sensasi pemasaran yang tak kalah spektakuler dari media tradisional seperti koran, majalah, televisi dsb.

Dalam buku Blogspot Marketing for UMKM saya menulis seperti berikut:

“Internet merupakan media yang murah meriah untuk melakukan pemasaran produk atau jasa. Termasuk pelaku UMKM yang memiliki dana terbatas untuk promosi.
Bayangkan jika sebelumnya untuk iklan, kalangan bawah pasti akan kesulitan memasarkan produknya lewat media mainstream seperti Koran, radio, dan televisi. Karena memasarkan produk lewat media tersebut membutuhkan biaya mulai dari yang agak mahal sampai ke yang sangat mahal. Sedangkan dengan internet kita bisa memasarkan produk secara bebas bisa lewat web, blog atau situs jejaring social seperti facebook, twitter, dan sebagainya.”

Saya memilih menggunakan blog untuk jualan. Blog yang benar-benar saya kelola untuk jualan adalah nurbarokahternak.blogspot.com. Lantas apa fungsi dari blog lain serta satu saluran Youtube bagi promosi online ini? Karena kalian kepo, dengan terpaksa saya bongkar juga rahasianya.

1. Pengumpan pengunjung ke Blog Nurbarokah Ternak.
Yup fungsi pertama blog lain dan saluran youtube adalah sebagai pengumpan agar pengunjung mampir ke blog Nurbarokah Ternak. Ada link- link perujuk ke blog Nurbarokah ternak yang ditempatkan di blog maupun di youtube. di blog penayunus misalnya, selain link di beberapa artikel, ada juga baner promosi yang ditempatkan di sidebar blog.

image

2. Menaruh Backlink kata kunci
Booming internet membuat pergesaran dalam kelakuan manusia dewasa ini, khususnya kelakuan dalam mencari informasi termasuk mencari barang kebutuhan dan jasa, sekarang dengan adanya internet membuat sebagian besar kita mempercayakan hasil pencarian informasi lewat dukun moderen bernama mbah Google. Postingan yang muncul di halaman pertama memiliki kemungkinan besar untuk dikunjungi calon pembeli.

Masalahnya tidak semudah membalikan telapak tangan agar suatu postingan dapat bertengger di halaman awal hasil pencarian google. Supaya bisa mendapatkan rangking yang baik maka anda butuh backlink. Backlink adalah tautan yang menuju ke suatu situs web yang berasal dari referensi atau rekomendasi dari situs web lain. Singkatnya, backlink adalah tautan yang menuju situs web. Saya menggunakan blog dan youtube untuk menaruh backlink.

Format Promosi Online

Ada beberapa format promosi online yang dapat digunakan untuk menawarkan barang dan jasa yang dijual. Saya sendiri menggunakan tiga format, yaitu tulisan, gambar, dan video. Di blog ke tiga format ini bisa disatukan dalam satu postingan.

Tulisan
Tulisan sudah biasa digunakan untuk promosi. Salah satu teknik terkenal adalah copywriting. Saya menggunakan tulisan untuk menjelaskan deskripsi produk, tips dan trik, dan informasi pendukung lainnya.

Gambar
Gambar juga format yang sudah jamak digunakan untuk promosi. Saya menggunakan gambar sebagai pendukung tulisan dalam postingan blog.

Video
Video biasa digunakan oleh perusahaan untuk iklan di tv. Belakangan marak juga pelaku usaha yang memanfaatkan video untuk  promosi online. Berkat kemajuan zaman, video juga dapat digubakan oleh pelaku usaha kelas ukm sekalipun untuk membuat video promosi.
Chris Anderson meyakini tiga pemicu ekonomi menghasilkan fenomena berikut dalam industry media: 1. Demokratisasi peralatan produksi, semakin murahnya biaya teknologi menyebabkan semua individu dapat mengakses beberapa peralatan yang beberapa tahun sebelumnya sangat mahal; 2. Demokratisasi distribusi, internet telah membuat distribusi konten digital menjadi komoditi, dan secara dramatis menurunkan biaya inventori, komunikasi, dan transaksi yang membuka pasar baru bari produk-produk ceruk; 3. Semakin rendahnya biaya pencarian untuk menghubungkan permintaan dan penawaran.
Saya sendiri menggunakan video untuk promosi, karena penggunaan gambar saja terkadang tidak cukup menjelaskan produk-produk yang kami jual. selain memperkaya format promosi dan memperluas cakupan pasar di internet.

Akhirnya usai juga cerita tentang blog yang saya kelola. Dari sekedar diary online menjadi mefia promosi yang cukup ampuh memperluas pasar. Semoga bermanfaat!