image

Penghargaan identik dengan prestasi. Di laman wikipedia disebutkan bahwa Penghargaan ialah sesuatu yang diberikan pada perorangan atau kelompok jika mereka melakukan suatu keulungan di bidang tertentu. Tapi apakah penghargaan diberikan hanya sebatas mencapai target tertentu?

Penghargaan bagi saya adalah sebuah pengakuan. Pengakuan atas capaian yang telah diraih. Bukan hanya karena berhasil meraih suatu prestasi, seperti menjadi juara lomba, tapi juga atas pengabdian seseorang yang telah mendedikasikan waktunya kepada pekerjaan yang telah dilakoninya.
Penghargaan diperlukan untuk mengingatkan dan meneguhkan kembali seseorang atas apa yang telah dilakukan dan dikerjakannya selama ini. Hal ini penting untuk mengurangi kejenuhan sesorang pada pekerjaannya. Serta merangsang agar orang itu terus berprestasi. Karena menghargai berarti memandang penting keberadaan orang tersebut.
Menurut pakar SDM, penghargaan bermanfaat bagi perkembangan suatu perusahaan. Penghargaan dapat menarik perhatian personil dan memberi informasi atau mengingatkan mereka tentang pentingnya sesuatu yang diberi penghargaan dibandingkan dengan hal yang lain. Penghargaan juga meningkatkan motivasi  personil terhadap ukuran kinerja, sehingga membantu personil dalam memutuskan bagaimana mereka mengalokasikan waktu dan usaha mereka. 
Penghargaan bisa diberikan dalam berbagai bentuk. Buck Rodgers dalam bukunya Getting The Best Out of Yourself memberikan contoh bentuk-bentuk penghargaan seperti promosi, pujian, simbolik, dan uang. Promosi jabatan merupakan aspek motivasi yang lebih berpengaruh daripada sejumlah uang dalam bentuk gaji. Pujian juga merupakan salah satu bentuk pengakuan terhadap apa yang sudah karyawan lakukan. Simbol-simbol yang menyiratkan status atau kedudukan seorang karyawan juga merupakan satu hal yang membanggakan karyawan, seperti ruang kerja, mobil dinas, dan fasilitas-fasilitas lainnya. Bentuk penghargaan lainya dan yang paling ditunggu-tunggu karyawan  adalah uang, baik itu dalam bentuk gaji, bonus, insentif, THR, voucher belanja seperti voucher belanja Sodexo yang bisa digunakan di seluruh Merchant Sodexo, dan lain-lain.
Mari berikan penghargaan. Sekecil apapun itu pada orang di sekitar kita. Karena penghargaan adalah sebuah pengakuan. Terlebih anda yang memimpin suatu perusahaan, jangan sungkan membuat program penghargaan. Bagaimana pun juga penghargaan dapat meningkatkan produktivitas dan mempertahankan karyawan yang berprestasi agar tetap loyal kepada perusahaan.
Sekian